Sabtu, 14 April 2012

Tanah Hasil Kikisan Sungai


Tanah Hasil Kikisan Sungai
            Pedesaan adalah sebuah tempat yang banyak terdapat lahan pertanian yang sangat subur, diantaranya adalah persawahan yang terbentang luas dan juga berpetak-petak. Di antara persawahan tersebut terdapat sawah Pak Herman yang luasnya kurang lebih 60 m dan sawah Pak Yudik yang luasnya kurang lebih 40 m. Di antara sawah mereka, terbentang sebuah sungai yang mengalir sangat deras dari arah selatan ke utara dan agak berbelok ke timur laut di samping tanah Pak Herman. Tanah Pak Herman terletak  disebelah kanan sugai dari tanah Pak Yudik berada disebelah kiri sungai. Lama- kelamaan tanah Pak Herman yang terletak disebelah kanan sungai terkikis oleh aliran air sungai yang sangat deras, namun anehnya tanah hasil kikisan air sungai tersebut tertimbun disebelah kiri sungai yaitu di tanah Pak Yudik  sehingga tanah Pak Yudik yang semula luasnya 40m menjadi 47m dan kemudian Pak Yudik menggarapnya.

Pertanyaan.
a.  bolehkah pak yudi menggarap tanah tambahan tersebut dan bagaimana hukum Pak Yudik menggarap tanah tersebut?
Jawaban :
a.       tidak boleh karena memanfaatkan tanah yang bukan hak miliknya.

REFERENSI
  1. fathul muin lisyarhi qurrotul ain. 4 hal. 48
  2. dau’ul badri hal.9

فتح المعين لشرح قرة العين 4/ 48(
فصل في بيان أحكام الغصب الغصب: استيلاء على حق غير، ولو منفعة، كإقامة من قعد بمسجد أو سوق بلا حق، كجلوسه على فراش غيره، وإن لم ينقله، وإزعاجه عن داره، وإن لم يدخلها، وكركوب دابة غيره، واستخدام عبده
ضوء البدر ص 9)
فرع : لو ركب الارض ماء او رمل او طين فهي على ما كا نت عليه من ملك ووقف فأن كان ذلك الرمل مثلا مملوكا فلمالكه اخده

b.   Kalau tidak boleh, apa yang harus Pak Yudik perbuat terhadap tanah tersebut mengingat tanah  tersebut sudah menyatu  dengan tanah miliknya?
Jawaban : Mengekor  pada sub A

0 komentar:

Posting Komentar